Jelajahi Yahoo! Bersama Teman-Teman Anda

Jelajahi berita, video, dan banyak lagi berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman Anda. Publikasikan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.

Pertama-tama,

AKTIVITAS TEMAN DI YAHOO!

    Usir Plak Gigi dengan Jus Stroberi

    REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Jus buah stroberi dapat mencegah pembentukan plak gigi yang dapat memicu kemunculan penyakit gigi dan mulut, kata peneliti dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Rahmi Ayu Budi Amalia.
    "Kandungan bahan pemanis alami berupa xylitol dan polifenol pada stroberi terbukti mampu mengurangi kolonisasi 'streptococcus mutans' yang bisa menghambat aktivitas enzim sehingga mampu mencegah pembentukan plak," katanya di Yogyakarta, Senin.

    Dengan demikian, menurut dia saat memaparkan hasil penelitiannya, konsumsi jus stroberi berpengaruh signifikan dalam menurunkan indeks plak gigi.

    Ia mengatakan, secara umum stroberi mengandung nutrisi seperti protein, lemak, karbohidrat, dan energi. Mineral potensial yang terkandung didalamnya adalah kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, potassium, selenium, vitamin C, dan asam folat.
    "Stroberi juga terbukti memiliki aktivitas antioksidan dua kali lipat lebih tinggi dibanding anggur merah, lima kali lipat dari apel dan pisang, dan sepuluh kali lipat dari semangka," katanya.

    Jadi, menurut dia, stroberi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia, termasuk mengurangi akumulasi plak gigi sehingga dapat mencegah munculnya penyakit gigi dan mulut.

    Ia mengatakan, plak merupakan penyebab utama yang memicu kemunculan penyakit gigi dan mulut, di antaranya karies (gigi berlubang), calculus (karang gigi), gingivitis (radang pada gusi), dan periodontitis (radang pada jaringan penyangga gigi).

    "Mengingat pembentukan plak merupakan proses yang tidak dapat dihindari, maka mengurangi akumulasi plak menjadi hal yangsangat penting dalam mencegah terbentuknya penyakit gigi dan mulut. Salah satunya dengan mengonsumsi jus stroberi," katanya.

    Menurut dia, dengan meminum jus stroberi, rasa asamnya akan merangsang sekresi saliva dalam jumlah tinggi. Akibatnya, saliva menjadi lebih encer dan viskositas saliva pun menjadi lebih rendah.
    "Akhirnya, plak gigi dapat dikurangi sehingga munculnya penyakit gigi dan mulut juga dapat dicegah," kata mahasiswi Program Studi Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) itu.

    PEDOMAN KOMENTAR

    Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu. Komentar yang baik, berikan jempol atas.


    Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.


    Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

     

    452 komentar

    • Gondrong  •  9 bulan yang lalu
      kalau gigi gingsul bisa dibuat rata gak ya?cause gigi saya gingsul,tapi kok aneh ya...cewek2 malah suka gt.hehehehe
    • Rahmi Ayu Budi Amalia  •  1 tahun 2 bulan lalu
      alhamdulillah...sy sangat bahagia karena penelitian sy rmanfaat unt semua..alhamdulillah^^
      • Zafran 1 tahun 2 bulan lalu
        gud !
        sukses untuk Rahmi :-)
      • Der Fuhrer 1 tahun 2 bulan lalu
        ok d saya saluut..
        teliti lagi d mba..buah2an yang lain yaa
      • Budiwati 1 tahun 2 bulan lalu
        ok banget penelitiannya...!!
        utk gigi bagus yg mana...? jus atau buahnya dimakan langsung...?
        klo jus pake gula ga? klo pake nanti giginya rusak juga dong...
    • Maju Mapan  •  9 bulan yang lalu
      apapun komentar orang2.yg pntng tetep semangaat and maju terus ya mba..salut akan penemuannya..kl penemu jengglot ada belum ya mba..mau dong infonya..ha..ha..ha
    • Eva  •  9 bulan yang lalu
      Strawberry asem, malah bikin gigi gw ngilu, kl yg manis gimane tuh, ada manfaatnye gak, lagian harganye kan mahal, mane bisa makan tiap hari, buahnye jg gak bisa tahan lama bari seharian aje udeh pada bonyok.
    • Laura  •  9 bulan yang lalu
      Maksud saya jus buah atau buah yang diblender tidak boleh dibiarkan terlalu lama didalam kulkas, makanya begitu selesai diblender langsung saya minum paling lama 30 menit (1/2 jam )
    • Laura  •  9 bulan yang lalu
      Kalo saya boleh ikut koment, setahun yg lalu setiap pagi sy selalu minum buah diblender yg isinya apel +tomat + wortel + strawbery tanpa gula / sirup dan langsung diminum, paling lama 1/2 jam harus sudah diminum, saya pilih buah yg bebas pestisida /organik, waktu musim hujan/pergantian cuaca banyak kolega dikantor kena flu,pilek dan batuk, terkadang didalam kendaraan umum orang batuk didepan saya sampai cairannya terkena badan saya tetapi Puji Tuhan saya tidak tertular. Saya pernah baca karangan seorang ahli nutrisi strawbery banyak manfaatnya, selain anti virus, anti kanker, anti oksidan juga bagus untuk lever/hati.
    • Gondrong  •  9 bulan yang lalu
      memang benar tuh,anti plak.plak plok plok buat mbaknya dueh...
    • Pengguna Yahoo!  •  9 bulan yang lalu
      tetapi kita harus igat yg menetukan semuaya di atas
    • Agung Mio  •  9 bulan yang lalu
      thanks...
      skrg q uda tau n q bisa mengingatx....
      heee.....
    • Hani Hansa  •  10 bulan yang lalu
      idealnya buah strawberry nya organic. dari pupuk2 kimia dan peptisida....krn kebanyakan strawberry sekarang buahnya dipercepat panennya krn pupuk kimia. mau tahu jus buah yg bebas kimiai 0% polusi? hub saya lah yaow....
    • Tiarapuri  •  10 bulan yang lalu
      besok buat jus strawberry ah
    • bayu  •  10 bulan yang lalu
      setrwbrry,,,,,ak suka tu,,,,
    • Tsukio Nakashima  •  10 bulan yang lalu
      Ini maksudnya memakan stroberi secara langsung mungkin? Soalnya yg daritadi lebih dibahas stroberinya. Dan lagi kalau sudah jadi jus bukankah sudah banyak kandungan lain yg menjadi bahan campuran pembuatan jus???
    • Niken  •  10 bulan yang lalu
      Back to nature. pengen cantik dan sehat, banyaklah mengkonsumsi sayur dan buah
    • diand  •  10 bulan yang lalu
      love strawberry bangetttssss,,,
    • happy  •  10 bulan yang lalu
      Ok...suksesu/ rahmi amalia teruskan penelitianmu dengan buah2an lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan gigi & semoga cepat sembuh...
    • ingin amnesia  •  10 bulan yang lalu
      sebenernya uda pernah ada yng meneliti sebelumnya.. emang stroberi bagus buat gigi n kulit karena mengandung asam malat :)
    • apriani  •  10 bulan yang lalu
      ku suka strawberry yg organik, lebih manis dan merah..
    • Putra Dewata  •  10 bulan yang lalu
      Untumu gosokken karo odol plus sikat gigi tiap hari mengko lak kinclong.
      Type air liur setiap orang beda2.ada yang mudah membentuk plak gigi.

      SIKATAN (GOSOK GIGI) Minimal 2 kali dalam satu hari apalagi pas Mau bobo.

      Kalo saya mending makan duren...dari pada strawberry.
    • Cash Tango  •  1 tahun 2 bulan lalu
      ini kan bukan penelitian baru hasil penelitian ini sudah diterbitkan di jurnal health and medicines sekitar april 2006. lagian pengurangan pembentukan plak di gigi dg mengkomsumsi stawbery bukan dg dibuat juice tapi harus di makan/dikunyah. Krn ketika dikunyah cairan stawbery nya akan bereaksi dg lapisan gigi. dan ketika dibuat juice sering orang menambahkan gula yg akibatnya malah menambah kalori yg beresiko kegemukan.
      • Aldy 1 tahun 1 bulan lalu
        bukannya penelitian ini sudah pernah diteliti oleh mahasiswa FKG UI beberapa tahun yang lalu dan sudah masuk jurnal..
        tp yasudahlah..
      • Cabang 10 bulan yang lalu
        mhn di hargai aj semua kan demi kebaikan juga ...
      • Arifia 10 bulan yang lalu
        harusnya penelitinya sndiri cek dulu. malu loh kyk begini.
    POLL

    Apakah Anda setuju dengan langkah polisi yang siap membubarkan konser Lady Gaga demi keamanan?

    Memuat...
    Opsi Pilihan Jajak Pendapat