AS menunjuk empat perusahaan media besar China sebagai misi asing

Oleh David Brunnstrom dan Humeyra Pamuk

WASHINGTON (Reuters) - Amerika Serikat mengatakan, Senin, bahwa mereka akan mulai memperlakukan empat perusahaan media utama China sebagai kedutaan asing, menuduh mereka adalah corong untuk Beijing, dalam suatu langkah yang kemungkinan akan lebih jauh memperburuk hubungan antara dua ekonomi besar dunia tersebut.

David Stilwell, diplomat senior AS untuk Asia Timur, mengatakan kepada wartawan bahwa penunjukan itu akan mempengaruhi China Central Television, China News Service, People's Daily, dan Global Times, dan mencerminkan status mereka yang sebenarnya sebagai "perusahaan propaganda" di bawah kontrol Partai Komunis China.

"Partai Komunis tidak hanya melakukan kontrol operasional atas entitas propaganda ini, tetapi memiliki kontrol editorial penuh atas konten mereka," kata Stilwell dalam teleconference dengan wartawan.

Kedutaan China di Washington tidak segera menanggapi permintaan komentar.

"Ini adalah keputusan yang sangat tidak masuk akal," kata pemimpin redaksi Global Times Hu Xijin di Twitter. "Hubungan China-AS begitu tegang sehingga media yang berorientasi pasar seperti Global Times telah terpengaruh. Sangat disesalkan."

The Global Times diterbitkan oleh People's Daily, surat kabar resmi Partai Komunis yang berkuasa.

Rencana untuk penunjukan perusahaan media baru pertama kali dilaporkan oleh Reuters awal bulan ini.

Hubungan AS-China berada pada titik terendahnya dalam beberapa tahun terakhir karena Presiden Donald Trump mengambil garis keras terhadap China menjelang upaya pemilihan ulang 3 November. Dua ekonomi teratas dunia juga berselisih soal penanganan pandemi virus corona dan meningkatnya perambahan China ke Hong Kong.

Pada bulan Februari, Departemen Luar Negeri menyatakan lima perusahaan China lainnya sebagai kedutaan asing, suatu penunjukan yang mengharuskan perusahaan tersebut untuk memberi tahu Departemen Luar Negeri AS tentang daftar nama personel dan kepemilikan perumahan mereka.

Pada bulan Maret, Washington juga mengatakan akan memangkas jumlah jurnalis yang diizinkan untuk bekerja di kantor-kantor media utama China di AS menjadi 100 dari 160 karena Beijing telah lama "intimidasi dan pelecehan terhadap wartawan."

Sebagai tanggapan, China mengusir sekitar selusin koresponden Amerika dengan New York Times, Wall Street Journal News Corp dan Washington Post.

Stilwell mengatakan tindakan Senin itu tidak dimaksudkan untuk mengurangi aktivitas jurnalistik oleh media asing dan bahwa Amerika Serikat tetap berkomitmen untuk kebebasan pers.

Selama briefing, Stilwell dan juru bicara Departemen Luar Negeri Morgan Ortagus menolak untuk mengambil pertanyaan dari Reuters tentang bagaimana sekutu AS di Asia bereaksi terhadap sebuah memoar oleh mantan penasihat keamanan nasional Trump, John Bolton, mengatakan itu bukan subjek yang dimaksudkan dari pengarahan.

Ortagus meminta agar garis wartawan Reuters diredam ketika dia kembali mengejar pertanyaan tentang Bolton.

Menanggapi pertanyaan lanjutan, Stilwell mengatakan dia terlalu sibuk untuk memperhatikan buku itu.

Buku itu, kutipan yang sudah banyak beredar, mengatakan Trump meminta bantuan Presiden Xi Jinping untuk memenangkan pemilihan ulang dan merinci pertemuan antara Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, termasuk bagaimana pertemuan puncak kedua mereka di Vietnam berantakan.

Trump mengatakan Bolton tidak puas dan pembohong.

(Pelaporan oleh David Brunnstrom dan Humeyra Pamuk; pelaporan tambahan oleh Matt Spetalnick; Penyuntingan oleh Leslie Adler, Richard Chang dan Richard Pullin)