Pemerintah China: Laporan dokumen kamp Uighur adalah berita palsu

Beijing (Reuters) - Sebuah laporan di New York Times yang memuat 400 halaman dokumen internal yang bocor tentang penawanan Muslim Uighur "rekayasa" dan dipicu oleh "pasukan asing yang bermusuhan", kata pemerintah wilayah barat jauh Xinjiang di China.

Para pakar dan kelompok hak asasi manusia PBB memperkirakan lebih dari satu juta warga Uighur dan anggota kelompok etnik lainnya telah ditahan di kamp-kamp dalam kampanye berjangkauan luas yang telah memicu reaksi internasional.

Laporan Times itu berisi antara lain serangkaian pidato oleh Presiden China Xi Jinping kepada pejabat Xinjiang pada tahun 2014, serta arahan tertulis untuk para pejabat tentang cara berbicara dengan siswa yang anggota keluarganya telah ditahan.

Dalam sebuah pernyataan, pemerintah Xinjiang menggambarkan laporan New York Times sebagai "berita palsu" bahwa "sepenuhnya hasil kolusi dan rekayasa oleh pasukan musuh domestik dan asing".

Pernyataan pada Senin itu, yang dirilis di media pemerintah, tidak memberikan perincian mengenai bagian mana yang merupakan rekayasa.

Sebelumnya pada Senin, Kementerian Luar Negeri China tidak menyangkal keaslian dokumen, tetapi mengatakan program tersebut telah berhasil dan "pengalamannya bisa diterapkan di negara lain".

Dokumen-dokumen itu juga menunjukkan bahwa kamp-kamp penahanan di Xinjiang diperluas dengan cepat pada tahun 2016, ketika Chen Quanguo ditunjuk sebagai ketua Partai Komunis di wilayah tersebut. China tidak memberikan angka resmi tentang jumlah orang yang ditahan.