Termurah di ASEAN, Segini Biaya Pemasangan Ring Jantung yang Bikin Tekor BPJS Kesehatan

Christantio Utama

Berita tentang biaya pemasangan ring jantung di Tanah Air menjadi perbincangan hangat belakangan ini terkait defisit BPJS yang tiap tahunnya semakin membengkak. Hal itu diutarakan langsung oleh Menteri Kesehatan beberapa waktu lalu.

“Ya contoh pelayanan jantung sampai Rp 10,5 triliun lho tagihannya. Kemudian adanya review dari jurnal-jurnal yang mengatakan bahwa pengobatan dengan obat-obatan apalagi pencegahan itu tidak lebih, tidak efisien dibandingkan stent, operasi, dan sebagainya,” jelas dr. Terawan Agus Putranto pada tanggal 22 November 2019 lalu, mengutip dari CNBC Indonesia.

Dari tahun ke tahun, angka defisit BPJS Kesehatan diketahui terus meningkat seperti pada tahun 2017 yang menyentuh angka Rp 9 triliunan, lalu pada tahun 2018 mencapai Rp 16 triliunan dan tahun 2019 ini diprediksi akan menyentuh nominal Rp 30 triliunan.

Penyakit jantung memang menjadi salah satu penyakit yang paling banyak menyerap dana selain kanker dan stroke. Walaupun demikian, penanganan terhadap pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan harus tetap berjalan meski risikonya juga gak sedikit buat pemerintah.

Nah daripada berpanjang lebar lagi mending kita langsung simak aja nih sedikit penjelasan dan berapa sih biaya operasi pemasangan ring jantung berikut ini:

Baca juga: Mulai dari Rp 850 Ribu, Ini Daftar Biaya Cuci Darah di RS Jabodetabek

Proses diagnosa pemasangan ring jantung

Proses pemasangan ring jantung. (Shutterstock)

Seseorang yang menjalani operasi pemasangan ring pada jantung atau biasa disebut dengan stent harus melewati beberapa proses dan diagnosis oleh tim dokter. Pemeriksaaan tersebut disebut dengan Kateter Jantung dan Angiografi, melansir dari website Rumah Sakit Awal Bros.

Penanganan itu berguna untuk mendeteksi penyempitan atau sumbatan pembuluh darah jantung atau koroner. Setelah di cek maka barulah diketahui proses apa yang harus dilakukan terhadap si pasien apakah perlu dipasang ring atau tidak.

Baca juga: Besaran Biaya USG di Sejumlah Rumah Sakit se-Indonesia Ditanggung BPJS Gak Ya?

Bagaimana cara melakukannya?

Ilustrasi operasi pasang stent. (Shutterstock)

Ring jantung nyatanya gak serta merta berbentuk seperti cincin yang kaku. Alat ini berbentuk seperti selang kecil yang bisa mengembang.

Alat dimasukkan melalui pembuluh darah yang berada di lengan atau pangkal paha menuju lokasi penyempitan atau penyumbatan. Setelah sampai, ring yang tadi dimasukan akan mengembang seperti balon dan ditanam untuk memperlancar sirkulasi darah di daerah tersebut.

Umumnya, operasi pemasangan ring dilakukan selama 1 sampai 3 jam tergantung tingkat kesulitan yang dihadapi oleh tim medis.

Setelah selesai, pasien diharuskan istirahat selama beberapa minggu untuk memastikan posisi ring tidak bergerak.

Baca juga: Nih 7 Biaya Rumah Sakit yang Perlu Diwaspadai Kalau Gak Pengin Kantong Jebol

Berapa biaya pemasangan ring jantung per unitnya?

Berapa biayanya? (Shutterstock)

Guna menjalankan prosedur pemasangan stent, pasien paling gak harus menyiapkan dana sekitar Rp 40 hingga Rp 80 jutaan untuk pemasangan satu ring aja. Harganya tentu akan berkali-kali lipat lebih mahal jika kamu membutuhkan lebih banyak ring.

Uang segitu belum lagi ditambah dengan biaya rawat inap yang gak kalah mahal tergantung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menginap. Jadi kebayang deh betapa mahalnya biaya pemasangan ring jantung tersebut. 

Operasi ring jantung di Indonesia merupakan salah satu yang termurah di ASEAN

Bendera negara-negara ASEAN. (Shutterstock)

Dibandingkan negara lain di kawasan Asia Tenggara (ASEAN), Indonesia merupakan salah satu yang menerapkan biaya rata-rata paling rendah untuk penanganan medis seperti ini.

“Setahu kami, dari tiga rumah sakit, itu diambil mutu terbaik, harga terendah. Itu satu hal, ada datanya. Lalu biaya itu, di ASEAN, (Indonesia) terendah sebenarnya,” terang dr. HN Nazar yang menjabat sebagai Ketua Biro Hukum Pembinaan dan Pembelaan Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dalam sebuah diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat tanggal 1 Desember 2019, mengutip dari Kompas.

Nah itulah sedikit penjelasan tentang operasi pemasangan ring jantung dan biaya yang harus dikeluarkan. Ada baiknya mulai dari sekarang kamu memulai gaya hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit. (Editor: Ruben Setiawan)